Kerajinan Tangan dari Kain Flanel

Hai semua, apa kabar?? Semoga kalian sehat selalu ya.. Aminnn. Kali ini pembahasan kita tentang Kerajinan Tangan dari Kain Flanel. Kenapa saya kali ini membahas tentang itu? Karena kerajinan tangan yang satu ini juga cukup mudah dibuat. Selain itu, alat dan bahan juga mudah didapat dan juga mungkin sudah ada di rumah. Langsung saja kita bahas ya..

Kerajinan dari Kain Flanel


kerajinan tangan dari kain flanel
sumber: google.com
Bagi anda yang gemar dengan prakarya atau kerajinan tangan, membuat kerajinan dari kain flanel tidak boleh alpha dari agenda anda. Kenapa saya bilang demikian? Karena proses pembuatannya yang relatif mudah, dan menyenangkan. Hasilnya pun juga menarik. Tanpa basa-basi lagi, Yuk langsung aja kita bahas satu persatu beserta cara membuatnya.


1. Tempat Pensil Dari Kain Flanel

tempat pensil dari kain flanel
pinterest.com
Untuk kamu para pelajar, ataupun untuk anda yang bekerja di kantor, tentunya tidak akan terlepas dengan beberapa alat tulis, termasuk pensil. Nah dengan kerajinan dari kain flanel, kamu bisa membuat tempat pensil dari kain flanel yang terlihat berbeda tetapi tampak sangat imut.
Kerajinan dari kain flanel tempat pensil ini dapat kamu berikan gambar karakter kartun ataupun rajutan sesuka hati kamu. Tentunya membuatnya bersama teman-teman akan lebih seru, dengan selera motif masing-masing. Dan juga Anda akan memiliki tempat pensil yang unik dan juga menarik.

Cara Membuat Tempat Pensil dari kain Flanel


cara membuat kerajinan dari kain flanel
sumber: marthastewart.com
Untuk tutorial cara membuat tempat pensil dari kain flanel ini relatif mudah. Sediakanlah terlebih dahulu alat dan bahannya sebagaimana di bawah ini:

Alat dan juga bahan 
  1. Sediakan kain flanel
  2. Kancing baju yang sudah tidak terpakai
  3. Benang Jahit
  4. Jarum
  5. Gunting
  6. Penggaris
Pembuatan tempat pensil dari kain flanel:
  1. Dimulai dengan mengukur dan membentuk kain flanel sesuai dengan ukuran dan bentuk yang kamu inginkan.
  2. Buat 2 lembar potongan kain, di mana satu sisi kain yang lainya lebih panjang dibandingkan dengan kain yang sisi satunya.
  3. Pasanglah kancing pada kain dengan sisi dengan ukuran yang lebih pendek, menggunakan benang yang sudah dikaitkan dengan jarum.
  4. Setelah kancing terpasang dengan baik dan kencang, maka dilanjutkan dengan menjahit dan menyatukan kedua potongan kain pada bagian sampingnya.
  5. Rapikanlah jahitan hingga terbentuk kantonf yang terlihat rapi
  6. Berilah lubang memanjang, sebagai lubang tempat kancing mengunci tutup tempat pensil
  7. Kantung pensil yang simpel dan imutpun siap untuk digunakan. 


2. Sepatu dari Kain Flanel


sepatu dari kain flanel
sumber: Piasweaters.com
Kain flanel adalah salah satu jenis kain yang lembut, dan sangat cocok apabila dijadikan sebagai sepatu untuk anak-anak.
Untuk membuat sepatu dari kain flanel, pastikan kamu memilih jenis kain flanel dengan kualitas yang baik, dan lebih tebal. Kamu bisa melakukan beberapa eksperimen untuk mendapatkan beberapa hasil sepatu terbaik yang nyaman dikenakan oleh anak-anak.

Cara pembuatannya secara sederhana sebagai berikut ini:
  1. ukur kaki anak, dan sesuaikan bentuknya pada permukaan kain flanel
  2. Diperlukan 3 Pola untuk membentuknya, diantaranya pola bagian sepatu, pola depan sepatu, dan pola belakang sepatu.
  3. Setelah pola berhasil dibentuk dengan pensil, maka potonglah kain flanel sesuai bentukan yang telah di buat menggunakan gunting kain yang tajam.Apabila semua pola sudah berhasil di potong, maka jahitlah masing-masing potongan menjadio satu sesuai dengan desain yang sebelumnya telah dirancang.
  4. Proses penjahitan dilakukan dengan tangan, mengingat jarum yang digunakan merupakan jarum benang kasur yang besar sesuai dengan ketebalan kain
  5. Setelah berhasil dijahit satu per satu, masing-masing pola, maka sepatu dari kain flanel telah selesai.
  6. Anda bisa menambahkan beberapa aksesoris atau bordir tertentu untuk mempercantiknya

3. Tas dari Kain Flanel

tas dari kain flanel 
sumber: google.com

Siapa sangka kain tas-tas di atas merupakan tas yang terbuat dari bahan baku kain flanel. Tapi hal itu benar adanya. Di tangan para pengrajin, kain flanel yang hanya lembaran-lembaran itu dapat disulap menjadi bebrbagai macam tas.
Mulai dari tas kantoran yang elegan, tas belanja, hingga tas unik yang dapat menarik perhatian setiap orang yang menatapnya. Jangan khawatir, kamu juga dapat melakukan hal yang sama.
Dengan ketekunan dan kesabaran, kamu dapat membuat berbagai macam tas sesuai dengan konsep yang dikamu inginkan.
Kamu bisa mencoba untuk membuat tas yang terlihat simel tetapi tetap terlihat unik, dengan warnanya yang mencolok. Bisa pula kamu mencoba untuk membuat tas flanel dengan banyak pernak-pernik yang lucu.
Atau mungkin kamu lebih suka untuk membuat tas sederhana, yang tidak terlalu banyak aksesoris di sana-sini tetapi dengan potongan dan desain rapi dan elegan yang cocok untuk ngantor. Semua tergantung selera kamu sendiri.
Tentunya kain flanel menjadi bahan baku yang baik untuk membuat berbagai varian tas, dengan nilai ekonomis yang tinggi apabila dikerjakan dengan tepat.

4. Gantungan Kunci Custom


gantungan kunci custom
sumber: airinhandycrabby.blogspot.com
Nah yang satu ini merupakan gantungan kunci yang lebih variatif, di mana kamu bisa membuatnya sesuai dengan nama kamu sendiri ataupun jika ingin berdagang Anda bisa membuatnya sesuai pesanan.
Sebagai contoh, kamu bisa membuat gantungan kunci custom ini dengan menggunakan nama sebagaimana gambar di atas. Terlihat unik, lucu, dan tentunya stylish bukan?

5. Boneka dari Kain Flanel


boneka dari kain flanel
sumber: sitekno.com
Nah untuk kerajinan tangan yang satu ini, tentunya kamu sudah sangat familiar dong ya. Terutama bagi para perempuan, setidaknya pasti memiliki satu boneka. Kamu juga bisa membuat boneka dari kain flanel loh. Kamu juga bisa membuatnya unutk adik kamu lohh.
Dengan bermodalkan kain flanel, benang, dan kain perca bekas, kamu bisa membuatnya dengan mudah. Tentunya dengan hasil karya sendiri, boneka kamu akan lebih mempunyai kesan, dan meninggalkan kepuasan tersendiri.

Sampai sini dulu ya pembahasan kita mengenai Kerajinan Tangna dari Kain Flanel. Semoga pembahasan kita klai ini dapat membantu kalian untuk lebih kreatif lagi dan juga mendapat inspirasi. Silahkan komentar jika ada saran dan pertanyaan.

 Sumber : https://windowsnesia.com/kerajinan-dari-kain-flanel/

Komentar

uun_widyastuti mengatakan…
Thank for sharing. Jika anda sedang mencari bahan kain
untuk segala kebutuhan silahkan cek di toko online kami.
Regards
Fitinline.com

Postingan Populer